ANALISIS STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MENJAGA KUALITAS TAYANGAN PEOPLE AND HOBBIES DI OKEZONE TV
Kata Kunci:
analisis, kualitas tayangan, program televisi, produser, strategi kreatif.Abstrak
Abstrak: Penelitian ini membahas tentang program People And Hobbies, program ini adalah program yang berisikan antara individu dan hobi, program ini mengulas berbagai macam hobi yang diminati para public figur, individu, dan komunitas secara detail dan tidak jarang juga mengulik para public figure tersebut, kenapa memilih hobi yang ditekuninya, program ini juga mewawancarai para public figure, komunitas yang sudah banyak mendapatkan prestasi di bidangnya masing-masing, tayangan ini juga dapat menginspirasi kepada khalayak bahwa, program dengan tema serupa di Indonesia masih sangat jarang apalagi yang membahas berbagai hobi didalam kemasan satu program, kebanyakan program di Indonesia hanya membahas hobi tertentu di satu program dan juga sudah banyak program yang tidak berlanjut tayang di stasiun televisi. Tayangan ini sangat inspiratif bagi masyarakat, karena acara ini sangat berkualitas dalam segi narasumber yang memiliki berbagai macam hobi, oleh karena itu acara ini dapat membantu masyarakat untuk mengenal lebih banyak tentang hobi serta mengembangkan hobi yang dimiliki oleh masyarakat, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana koomunikasi yang terjadi di tim produksi dan strategi kreatif yang diterapkan oleh seorang produser program People And Hobbies dalam upaya menjaga kualitas tayangan program People And Hobbies. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang merupakan pengumpulan data-data yang bersifat deskriptif, yaitu data berupa tanda-tanda hasil wawancara atau observasi yang dikategorikan dalam bentuk lainnya seperti foto, dokumen, dan catatan saat penelitian di lapangan. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan teori milik Graham Wallace dengan empat tahap perencanaan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini konsisten dengan rating tinggi, yaitu 8 dari 10, meskipun hanya tayang sekali seminggu pada Sabtu malam. Proses komunikasi dalam tim produksi melibatkan diskusi antara produser, kreatif, dan PA untuk memilih narasumber dan menyusun konsep tayangan. Jika ide terhenti, tim akan berdiskusi ulang hingga tercapai konsep final, kemudian skrip ditulis dan ditinjau bersama narasumber untuk memastikan kesesuaian. Strategi kreatif produser meliputi pemilihan narasumber yang sedang ramai dibicarakan dan memiliki hobi unik, serta peninjauan kualitas tayangan dari perencanaan hingga pasca produksi, termasuk pengambilan gambar menarik dan evaluasi episode sebelumnya.
Referensi
Aidil Alvaridzi, & Dailami. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Minuman Kopi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Luar Garis Tiban Kota Batam. Jurnal Menata, 2(1), 50–64. https://doi.org/10.59193/jmt.v2i1.184
Aihulia, E. (2023). Pengaruh Program Acara “Family 100” Mnctv Terhadap Minat Menonton (Survei Pada Ibu- ibu RW 04 Kelurahan Bojongsari, Kota Depok). 7–26.
Anggriany, R. (2016). Berbual dalam dendangan program is a talk show program which aims to provide knowledge and information to discuss about malay culture . This program is based on reality of society Riau who lack knowledge about the malay culture . The aim of this study was. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1–15.
Ghalib, S., & Karim, A. (2021). Strategi Kreatif Tim Produksi Program Uin Syarif Hidayatullah Jakarta 2021 M / 1442 H.
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Idayanti, R. U. (2018). Pengaruh Terpaan Tayangan Cekal Di I News Lampung Terhadap Tingkat Kecemasan Masyarakat Lampung Utara. 1–36.
Kharisma, D., Simatupang, S., & Hutagalung, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.47709/jumansi.v5i1.2210
Khotimah, A. K., & Sukartono, S. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4794–4801. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2940
Kurniawan, A. (2023). Analisis – Pengertian, Contoh, Tahap, Tujuan, Para Ahli. Www.Gurupendidikan.Co.Id. https://www.gurupendidikan.co.id/analisis/
Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Hayati, N. (2022). Komunikasi Massa. Journal Analytica Islamica, 11(1), 134. https://doi.org/10.30829/jai.v11i1.11923
Menurut Anggraeni dan Irviani (2017, 13). (2019). Bab Ii Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://kbbi.web.id/preferensi.htmlDiakses
Naratama. (2013). Menjadi Sutradara Televisi. In Menjadi Sutradara Televisi (p. 283). Grasindo. http://katalogdpkprovbanten.perpusnas.go.id/detail-opac?id=17704
Nora, H. Y., & Latief, M. C. (2016). Fungsi Komunikasi Massa Dalam Televisi. Jurnal The Messenger, 4(1), 1–9.
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Alam, M. D. S., & Lisya, M. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.
Putra, R. A. (2022). Analisis Semiotika Pesan Sindiran Kepada Birokrasi Pemerintahan Dalam Film Animasi Zootopia. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 5(2), 94. https://doi.org/10.22373/jp.v5i2.14454
Rama Adhypoetra, R., & Eka Putri, C. (2019). Pola Komunikasi Antarpribadi Pelatih Dan Siswa Dalam Membangun Motif Berolahraga Sepak Bola Usia Dini. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 118–130.
Rengganis, D. P. (2023). Analisis Prosedur Pemberian Kredit Agunan Rumah (Kar) Pada Bank Tabungan Negara Cabang Kelapa Gading Square. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta., 1, 16–72.
Sartika, R., Suratriadi, P., & Diah Astuti, F. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Guru Dan Siswa Dalam Memotivasi Belajar Siswa SMP Negeri 13 Bogor. Jurnal Public Relations (J-PR), 4(1), 13–22. https://doi.org/10.31294/jpr.v4i1.1977
Setiarama, & Widagdo, M. B. (2019). No Title. Interaksi Online; Vol 8, No 1: Januari 2020. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/26365
Susanti, S., & Ratmita, R. A. (2020). Manajemen Produksi Program Berita di iNews TV Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, x(2), 1–17.
Syafrina, A. E. (2022). Media Massa. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Trianum, F. (2021). Strategi Kreatif Produser Dalam Meningkatkan Kualitas Gambar Pada Program Detak Riau Di Riau Televisi. Skripsi, 4939. http://repository.uin-suska.ac.id/55800/1/SKRIPSI GABUNGAN.pdf
Wibowati, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Manajemen, 8(2), 15–31. https://doi.org/10.36546/jm.v8i2.348
Witono, A., & Ramadhan, G. (2022). Komunikasi Antar Pribadi Anggota Keluarga Pada Makan Malam (Studi Fenomenologi Pada Public Speaker Di Kota Banjarmasin). Al-Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 9(2), 154. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v9i2.6895
Yumiarti, Y., & Komalasari, B. (2020). Pemanfaatan Internet dan Agenda Setting Media Massa. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(1), 69. https://doi.org/10.29240/jdk.v5i1.1610
Yusuf, M. (2020). Peran Produser dalam Produksi Video Klip “Ora Iso Bali”Nada Senja Strategi Seorang Produser dalam Produksi Video Klip di Masa Pandemi.
Zulfiha Remsis, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Tahapan Wankat-Oreovocz Ditinjau Dari Gaya Belajar Honey-Mumford. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_sistem_pembetungan_terpusat_strategi_melestari
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Lestari Sosial Budaya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







