POLA KOMUNIKASI PRAMUWISATA ISTURA DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK DI ISTANA CIPANAS
Keywords:
Istana kepresidenan cipanas, Komunikasi interpersonal, Kualitas pelayanan publik.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pola komunikasi interpersonal pramuwisata di Istana Kepresidenan Cipanas sebagai proses edukasi dalam menyampaikan nilai sejarah, menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan pramuwisata dalam program Istana Untuk Rakyat (Istura) menggunakan model komunikasi linier dengan komunikan pasif, terutama pengunjung TK, model interaktif dengan umpan balik pengunjung mengenai latar belakang bangunan dan fasilitas umum, serta model transaksional dengan komunikasi ke segala arah, termasuk kepada guide pribadi untuk pengunjung mancanegara. Faktor penghambat komunikasi meliputi gangguan teknis, semantik, psikologi, fisik, status, dan kerangka berpikir, sedangkan faktor pendukung meliputi kredibilitas komunikator, otoritas, sikap dan wibawa, persiapan materi, penggunaan bahasa yang mudah dimengerti, dan kondisi teknis yang baik.
References
Aw, Suranto (2016). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu
Ginting, R dkk. 2022. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Media Sains Indonesia. Diunduh pada 12 Desember, 2022. Dari: https://books.google.co.id/books/about/Pengantar_Ilmu_Komunikasi.html?id=IJ9wEAAAQBAJ&redir_esc=y
Hadiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gaya Media. Gaya Media.
Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).
Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Kementerian Sekretariat Negara. Istana Kepresidenan. Diunduh pada 26 November 2022 pada Link tersebut: https://www.setneg.go.id/
Kurniawan, I.. d. (2023). Hakikat, Etika, dan Filsafat Komunikasi Dalam Dinamika Sosial. Jakarta: PT Mahakarya Citra Utama
Kristiana, Y. S. (2018). Kunci Sukses Pemandu Wisata. Diunduh pada 10 Desember 2022. Dari: https://bit.ly/KunciSuksesPemanduWisata
Liliweri, A. (2017). Komunikasi antar personal. Prenada Media.
Mulyana, H., & Kemala, Z. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Pramuwisata di Keraton Kasepuhan Cirebon Jawa Barat. Tourism Scientific Journal, 7(1), 86–96. https://doi.org/10.32659/tsj.v7i1.152
Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenamedia Group.
Nurjaman. K, K. U. (2012). Komunikasi & Public Relation: Panduan Untuk Mahasiswa Birokrat dan Praktisi Bisnis. Bandung: Pustaka Setia.
Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam perspektif teori dan praktik. Deepublish.
Peraturan BPK. Peraturan Menteri Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020. Diunduh pada 22 Februari 2023 https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/185574/permensesneg-no-5-tahun-2020
Prameswari, M. C., & Makhasi, G. Y. M. (2020). Penilaian Wisatawan Asing atas Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa dan Pelajar Magang sebagai Pemandu Wisata di Taman Wisata Candi Prambanan. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 4(1), 27. https://doi.org/10.22146/jla.58392
Pratiwi, E. D., & Sugandi, M. S. (2021). Perilaku Komunikasi Antara Pemandu Wisata dan Wisatawan dalam Wisata Sejarah di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 8(1), 691–703.
Rahmawati, A. F. (2014). Pola Komunikasi Pemandu Wisata (Guide) Kampung Wisata Batik Kauman Surakarta. Journal of Rural and Development Volume V, V(2), 1–10.
Rustan, A. S., & Hakki, N. (2017). Pengantar ilmu komunikasi. Deepublish. Diunduh pada 12 Desember, 2022. Dari: https://bit.ly/PengantarIlmuKomunikasi-AhmadSultraRustandanNurhakkiHakki
Sarmiati, E. R. (2019). Komunikasi Interpersonal. Malang: CV IRDH.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Bersifat eksploratif,
enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Wood, J. T. (2013) Komunikasi Teori dan Praktik: Komunikasi dalam Kehidupan Kita. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
________. (2014). Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keseharian Edisi 6. Salemba
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







