Studi Komunikasi Personal Selling Uncal Enterprise Service Bus Menggunakan Elaboration Likelihood Model
Kata Kunci:
enterprise service bus, penjualan pribadi, elaboration likelihood model, brand awarenessAbstrak
Di era industri 4.0 saat ini, kegunaan sistem integrasi yang tepat sangat dibutuhkan dalam bidang teknologi informasi dalam membantu perusahaan. Salah satu sistem integrasi yang telah diimplementasikan di Indonesia adalah Enterprise Service Bus (ESB). Kebanyakan produk ESB yang digunakan di banyak perusahaan Indonesia merupakan produk asing yang telah banyak dipakai dan dikenal di banyak negara. Produk - produk asing ini sudah menjadi andalan dan kepercayaan di pasar internasional dan sudah mempunyai brand image yang kuat. Dalam perjalanannya, UNCAL ESB mengalami hambatan persuasif di pasar nasional karena adanya keraguan akan produk dalam negeri dan juga brand image yang kurang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan persuasif pada personal selling UNCAL ESB menggunakan Elaboration Likelihood Model dan untuk mengetahui hambatan persuasif yang perlu dibenahi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informan memproses pesan melalui jalur sentral (central route) karena informan dengan cermat mengevaluasi argumen, bukti, dan informasi relevan untuk membentuk sikap yaitu dengan memberikan penilaian yang positif. Penulis menemukan adanya hambatan pada brand image yang kurang dan ketidakpahaman atau ketidakpercayaan terhadap teknologi, hingga kesulitan dalam mencocokkan teknologi dengan kebutuhan.
Referensi
Karoline, Rince, Sunarto Sunarto, Jamalullail Jamalullail, and Nafiah Ariani. (2023). Elaboration Likelihood Model (Elm) As Interpersonal Communication in Persuading Consumers in The Era of Disruption. Vol. 4.
Kurnia, Kurnia, and Rani Rifani. (2020). The Personal Selling & Digital Marketing on Purchase Decision of Insurance Policy. Economics and Digital Business Review 1(2):109–17. doi: 10.37531/ecotal.v1i2.16.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Harlow : Pearson Education Limited
Pratama, Riyanto, and Kadharpa (2023). The Effect of Personal Selling and Advertising on Purchasing Decisions with Brand Awareness as an Intervening Variable. Business Innovation Management and Entrepreneurship Journal (BIMANTARA) 2(01):32–43. doi: 10.22219/bimantara.v2i01.27219.
Putri Primadhany Kartana (2016). Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran Iklan Melibatkan Penciptaan Dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.